Misi 2020: Kurasi Buku Anak dalam Bahasa Indonesia

Kenapa membuat kurasi buku cerita anak penting untuk Seumpama?

Dari dekripsi di web Seumpama, kami adalah studio buku yang ingin menciptakan, berbagi serta menerbitkan buku dan bacaan melalui narasi dan ilustrasi. Rasanya ga lengkap kalau kami tidak menyebarkan kecintaan kami terhadap buku-buku anak dalam bahasa Indonesia.

Kenapa sih penting?

Karena setelah 5 tahun jualan dan menerbitkan buku, kami sadar bahwa bacaan anak dalam Bahasa Indonesia ternyata kaya sekali! Dan banyak sekali penerbit dan penulis yang menerbitkan karya yang luar biasa. Sayangnya, akses ke karya-karya yang baik ini terkadang tidak terlalu luas karena memang tidak tersedia di toko buku biasa. Oleh karenanya, tahun ini kami ingin fokus ke dalam mengurasi buku anak-anak dalam Bahasa Indonesia, yang punya perspektif yang beda. Seperti buku Cap Go Meh terbitan Litara yang bercerita tentang makanan yang dikenal dengan cara yang berbeda, sehingga jadi pintu masuk yang playful untuk melihat perbedaan dan percampuran budaya.

Dari penerbit yang sama, ada lagi Mandala yang bercerita tentang kisah anak dari Dompu, pulau Sumbawa, membawa kami mengenali cara hidup anak-anak yang berbeda di bagian lain Indonesia, hal-hal yang tidak biasa buat kami jadi keseharian buat mereka. Sebaliknya juga begitu. Setiap rumah punya rasa, gaya, dan kebiasaan yang istimewa.

Ada pula ensiklopedia bergambar untuk anak-anak terbitan Pustaka Lebah yang menerbitkan buku ensiklopedia yang tidak tebal dan menyenangkan untuk dibaca.

Semoga misi 2020 ini tercapai yah! Doakan kami dan jika ada saran buku mana lagi yang bisa kami kurasi, silakan langsung menghubungi kami melalui hi@seumpama.com. Terima kasih!

Older
Perserikatan Bangsa-Bangsa di Indonesia menerbitkan Klub Buku SDG
Newer
GRATIS: ‘Kamu Pahlawanku’, Buku Cerita Anak di Masa Pandemi

Leave your comment

Shopping cart